Kamis, 27 Oktober 2011

Mobile Commerce

 Mobile Commerce
M-Commerce yang berasal dari mobile commerce merupakan suatu sistem perdagangan (e-commerce) yang dilakukan melalui media protabel seperti ponsel, PDA, dll Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel.
M-commerce yang dimaksudkan selama ini bisa dikatakan sebagai suatu tren teknologi dimana transaksi komersial dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile yang terhubung dengan pelayanan nirkabel. Pengguna M-Commerce dapat menikmati layanan dari teknologi tersebut darimana saja dan kapan saja. 

M-Commerce mempunyai keuntungan yaitu :
Kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru
Dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device
+ Dapat membawa penjual dan pembeli bersama – sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih dekat

M-Commerce mempunyai kerugian yaitu :
-   Tidak bisanya menawarkan grafik suatu PC
-   Layar kecil membatasi kompleksitas aplikasi
- Terdapat pendekatan berbeda terhadap pemahaman M-Commerce oleh masing – masing jaringan

M-Commerce mempunyai keterbatasan yaitu :
  • Ukuran device yang relative kecil
  • Mobile device yang digunakan untuk mengakses tidak punya media penyimpanan.
  • Teknologi belum semutakhir PC
  • Pelanggan butuh pencarian data yang cepat dan mudah 
  • Penggunaan m-commerce menjadi tidak efektif, tidak efisien, dan tidak memberikan kepuasan kepada pelanggan 
  • Tidak ada standarisasi
  • Bandwith tidak cukup 
  • Keterbatasan transmisi 
  •  Masalah cuaca 
  • Jarak koneksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar